Shalat Istikharah


Shalat istikharah adalah shalat yang dilakukan jika seorang muslim sedang di hadapkan dengan suatu pilihan untuk mendapatkan pilihan yang tepat dan baik, atau lebih untuk menghilangkan kebimbangan hingga kita menjadi mantap tidak timbul rasa kecewa di kemudian hari. misalnya:
1. Untuk memilih Pasangan hidup/ jodoh.
2. Untuk memutuskan suatu perkara
3. Untuk memilih suatu pekerjaan.
4. dan lain-lain.

Tentunya shalat istikharah yang kita lakukan hanya untuk memohon petunjuk agar tidak menyimpang dari aturan atau ketentuan Syariat agama. selain itu shalat istikharah tidak untuk memilih antara halal dan haram.

langkah atau cara yang terbaik sebelum melakukan shalat istikharah adalah sebagai berikut :
1. Puasa sunnat sebelum kita melakukan shalat istikharah.
2. Banyak-banyak shodaqoh atau melakukan amal sholeh
3. Perbanyak baca istighfar
4. Dalam melakukan shalat istikharah hendaknya sekhusyuk-khusyuknya.

adapun niat sebelum melakukan shalat istikharah adalah sebagai berikut :
"Ushalli sunnatal istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
Artinya :
"Saya niat shalat istikharah dua reka'at karena alloh ta'ala.

dan setelah melakukan shalat istikharah baiknya baca do'a berikut :

"Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika al ‘adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amro (sebut nama urusan tersebut) khoiron lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii  faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amro syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii fash-rifhu anni  wash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih."

Artinya :
“Ya Allah, aku memohon petunjuk kepadaMu dengan ilmuMu dan aku memohon ketentuan daripadaMu dengan kekuasaanMu dan aku memohon daripadaMu akan limpah kurniaanMu yang besar. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa sedangkan aku tidak berkuasa dan Engkau Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkaulah Yang Maha Mengetahu segala perkara yang ghaib. Ya Allah, seandainya Engkau mengetahui bahwasanya urusan ini (sebutkan..) adalah baik bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku, takdirkanlah ia bagiku dan permudahkanlah serta berkatlah bagiku padanya da seandainya Engkau mengetahui bahawa urusan ini (sebutkan..) mendatangkan keburukan bagiku pada agamaku, kehidupanku dan kesudahan urusanku, jauhkanlah aku daripadanya dan takdirkanlah yang terbaik bagiku kemudian redhailah aku dengannya”

selamat mengamalkan, dan semoga alloh menunjukan jalan yang benar kepada kita jika kita menghadapi suatu pilihan.

sekian dari saya, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca karena sebaik-bainya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat bagi sesamanya.

Related Posts:

0 Response to "Shalat Istikharah"

Post a Comment