Pengertian Analisis SWOT


Mamanssuparman - Pengertian analisis SWOT adalah salah satu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan baik untuk jangka pendek maupun jangkan panjang. Menurut salah satu pakar SWOT indonesia yaitu Fredy Rangkuti mengemukakan bahwa "Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada hubungan aau ineraksi antara unsur-unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan, terhadap unsur-unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman". sedangkan menurut Sutojo dan F.Kleinseuber "SWOT adalah untuk menunjukan tujuan usaha yang realistis, sesuai dengan kondisi perusahan dan oleh karenanya di harapkan lebih mudah tercapai. SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan) Weaknesses (kelemahan) Opportunities (Peluang) dan Threats (hambatan)."
Di dalam penelitian analisis SWOT yang digunakan adalah sebagai berikut :
Analisis Kekuatan (Strenght)
yang harus di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan harus dan perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan di bandingkan para pesaingnya. sebagai contoh kalau kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan tersebut dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan kualitas yang lebih maju.

Analisis Kelemahan (Weaknesses)
Analisi kelemahan ini merupakan cara untuk menganalisis kelemahan di dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang menjadi penghalang serius dalam kemajuan perusahaan ataupun organisasi tersebut.

Analisis Peluang (Opportunity)
Adalah cara untuk menganalisis pada sebuah perusahaan atau organisasi dimana cara ini adalah cara untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan perusahaan atau organisasi bisa berkembang di masa yang akan datang.

Analisis Ancaman (Threats)
Analisis ancaman adalah cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi pada suatu perusahaan untuk menghadapi faktor-faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan  atau organisasi yang menyebabkan kemerosotan.
jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi ganjalan bagu suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Analisis SWOT"

Post a Comment