Adab berdoa

Alloh berfirman:"Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka (jawabla), bahwasanya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-ku,maka hendaklah mereka itu memenuhi(segala perintah-ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al-Baqoroh:186).
Doa adalah perwujudan rasa cinta seseorang hamba kepada Alloh set, sekaligus pengakuan akan kebutuhan dan pertolongan dari nya. Hakikat doa sebenarnya juga meminta kekuatan dan kesanggupan dari Alloh swt. Di dalam doa ada makna memuji Alloh swt, ada pengakuan bahwa Alloh maha mulia lagi maha pemurah. itu semua menjadi ciri pengabdian dan penghambaan. Rasulullah saw. bersabda"sebaik-baiknya ibadah adalah doa".Dari sini kita dapat melihat bahwasanya betapa pentingya ibadah doa, bahkan ada tiga kelompok doa yang tidak akan tertolah yaitu :
1. Orang yang berpuasa sampai ia berbuka.
2. Pemimpin yang adil.
3. Doa orang yang teraniaya.

Ada beberapa adab berdoa yang disunahkan supaya doa itu dikabulkan oleh Alloh swt.
  • Berdoa pada waktu tengah malam.
    Rasulullah saw bersabda :
    "Keadaan yang paling dekan antara Tuhan dan hambanya adalah di waktu tengah malam akhir. Jika kamu mampu menjadi bagian yang berdzikir kepada Allah, maka kerjakanlah pada waktu itu"
  • Berdoa saat sujud.
    Rasulullah saw bersabda :
    "Dan adapun ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah kalian berdoa, niscaya akan diijabahi doa kalian."
  • Potongan waktu akhir di hari jum'at.
    Rasullulah saw bersabda :
    "Hari Jum’at 12 jam tiadalah seorang muslim yang meminta kepada Allah sesuatu, kecuali pasti Allah akan memberinya. Maka carilah waktu itu di akhir waktu bakda shalat Ashar."
  • Memohon sebanyak tiga kali
    Ulangilah doa sebanyak 3 kali. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim bahawa Abdullah Bin Mas’ud berkata: Baginda Rasulullah s.a.w. jika berdoa, baginda berdoa sebanyak tiga kali, dan jika baginda memohon baginda memohon sebanyak tiga kali. (H.R Bukhari dan Muslim)
  • Berdoa dengan merendah diri.

Source dari berbagai sumber.

Related Posts:

0 Response to "Adab berdoa"

Post a Comment